:: Menu Utama ::

Home
Editorial
Berita
Kajian Kitab Kuning
Direktori Pesantren
Wacana
Wawancara
Tokoh Pesantren
Beasiswa Pesantren
Gallery
Redaksi
Links
Download

:: Editorial ::

Merayakan Kemerdekaan

Idul Fitri tahun ini terasa istimewa karena pelaksanaannya hampir bersamaan dengan peringatan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-67. Ada beberapa hal yang membuat perayaan idul fitri ini terasa istimewa. Pertama, pesan kemenangan. Jika kemerdekaan adalah puncak kemenangan dari sebuah perjuangan mengangkat senjata, maka idul fitri adalah puncak kemenangan setelah sebulan bertarung menaklukkan godaan-godaan duniawi.

Read more...
 

:: Tokoh Pesantren ::

Kyai Falak Era
Millennium


Image
KH. Dr. Ahmad Izzudin, M.Ag

Banyak tokoh muslim kita yang sukses lahir dari didikan orang tua yang keras.  Begitu pula dengan tokoh satu ini, Kyai kelahiran Kudus dengan segudang pengabdian untuk umat dan majunya Ilmu Falak. Kepribadian dan perjuangan beliau dalam membumikan ilmu yang sangat langka, yaitu Ilmu Falak mendapat perhatian manakala kita mengamati perjalanan hidupnya. Dengan berbagai kisah, pengalaman, dan cerita yang masih saya ingat, sebagai muridnya selama di Semarang sampai dengan sekarang, pandangan saya terhadap beliau masih tetap sama, sebagai tokoh umat.

Read more...
 
Berita
Sebanyak 6.000 Santri Akan Ikuti Seleksi PBSB PDF Print
Sabtu, 05 Mei 2012
Image (www.pondokpesantren.net) - Jakarta. Kementerian Agama RI kembali akan menjaring santri berprestasi se-Indonesia melalaui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang telah berlangsung sejak tahun 2005. Program ini dimaksudkan sebagai upaya mengejar ketertinggalan dunia pesantren khususnya dibidang sains dan teknologi juga upaya memperkuat tafaqquh fiddin. Demikian dikatakan oleh Drs. H. Ace Saefuddin, M.A., Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.


Read more...
 
Direktur PD Pontren Beraudiensi dengan Walikota Batam PDF Print
Rabu, 02 Mei 2012
Image (www.pondokpesantren.net) - Batam. Bertempat di ruang rapat Walikota Batam, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren A Saifudin diterima Walikota Batam Ahmad Dahlan Rabu, 2 Mei 2012 kemarin. Direktur didampingi oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri H. Handarlin serta Kasubdit Pendidikan Pesantren Imam Safei dan dua orang Kepala Seksi. Sedangkan Walikota didampingi Asisten III M. Sahir beserta beberapa orang Kepala Dinas.

Read more...
 
Kemenag RI - Pemkab. Karimun Rintis Pesantren Perbatasan PDF Print
Selasa, 01 Mei 2012
Image (www.pondokpesantren.net) – Tanjung Balai Karimun, Kepri - Kementerian Agaam RI tidak henti-hentinya melakukan terobosan-terobosan bagi upaya memperkuat dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalaui pelbagai program dan kegiatan. Salah satunya mengembangkan Pondok Pesantren Perbatasan di wilayah pulau-pulau terluar Indonesia. Komitmen ini setidaknya telah dimulai sejak 7 tahun silam. Dan hari ini Selasa (1/05/’12) diadakan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun untuk menjajagi berdirinya pesantren perbatasan di wilayah ini.

Read more...
 
Koordinasi Perkemahan Pramuka Nusantara (PPSN) 2012 PDF Print
Senin, 30 April 2012
Image (www.pondokpesantren.net) – Batam, Kepri. Dalam rangka mempersiapkan kegiatan Perkemahan Pramuka Nusantara (PPSN) yang setiap 3 (tiga) tahun sekali dilaksanakan, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren melaksanankan rapat koordinasi PPSN di Hotel Mercure, Batam, Propinsi Kepulauan Riau (30/4-02/05/2012).

Read more...
 
Persiapan Seleksi PBSB 2012 PDF Print
Kamis, 26 April 2012

Image (www.pondokpesantren.net) - Jakarta. Empat puluh orang yang terdiri atas utusan Kementerian Agama dan utusan sembilan perguruan tinggi mitra Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) berkumpul di Hotel Aston Marina Jakarta dalam rangka Persiapan seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) (26/042012).

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 31 - 35 of 128

:: Agenda ::



website resmi sudah dimigrasikan ke

ditpdpontren.kemenag.go.id

salam,

maspipo@gmail.com
administrator



ss
ss

:: Kajian Kitab Kuning ::


Image
Kitab at-Tauhid

Dalam ranah Ilmu Kalam, al-Maturidi adalah nama yang sudah tidak asing lagi. Ia adalah pendiri aliran Maturidiyyah yang diketegorikan sebagai representasi teologi ahli sunnah, di samping Asy’ariyyah yang digawangi Abu al-Hasan al-Asy’ari. Al-Maturidi dikenal sebagai seorang teolog, dan faqih dari Madzhab Hanafi, bahkan seorang ahli tafsir.   

Nama lengkap al-Maturidi adalah Abu Manshur Muhammad bin Muhammad bin Mahmud al-Maturidi. Ia dilahirkan di Maturid, sebuah desa (qaryah) yang masuk ke dalam wilayah Samarqand. Ia acap kali dijuluki Imam al-Mutakallimin (Imam Para Teolog) dan masih banyak lagi yang kesemuanya menunjukkan kelas intelektual dan jihadnya dalam membela sunnah, akidah, dan menghidupkan syari’at Islam.

Read more...
 
 

© 2015 Pondok Pesantren